Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menhan Prabowo Sampaikan Peran Indonesia Dalam Tantangan Global

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan), Prabowo Subianto menyatakan bahwa Indonesia memiliki peran besar dalam menjawab tantangan global.

Dalam keterangannya yang berlangsung di Jakarta, Jumat (25/11), Prabowo dengan tegas menyampaikan sembilan peran Indonesia dalam menghadapi tantangan global mendatang.

Peran pertama Indonesia yakni menjadi produsen kelapa sawit nomor 1 dunia dengan menghasilkan lebih dari 45 juta ton pertahun. Selanjutnya peran kedua Indonesia, sebagai produsen perikanan tangkap nomor 2 dunia, dengan hasil tangkapan mencapai lebih dari 7 juta ton pertahun.

Selain itu, peran ketiga Indonesia dalam hadapi tantangan global yaitu menjadi produsen nikel nomor 1 dunia, dengan memproduksi lebih dari 1 juta ton pertahun. Indonesia memiliki potensi cadangan tambang yang mencapai kurang lebih 4 miliar ton.

Selain potensi cadangan tambang, Indonesia juga berpotensi memiliki cadangan batu bara yang mencapai lebih dari 149 juta ton. Tidak hanya sampai disitu, bahkan Indonesia miliki cadangan mineral kritis seperti zircon dan monasit.

Prabowo juga menambahkan bahwa Indonesia berperan sebanyak 60 persen dalam menyediakan karbo laut dunia dikarenakan melewati alur laut Indonesia. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa Indonesia menjadi negara nomor 4 populasi terbesar di dunia dengan usia medium 29 tahun.

Peran kesembilan Indonesia dalam tantangan global yakni sebagai negara G20 dengan paritas daya beli atau purchasing power parity tertinggi nomor 7 dunia dan negara dengan produk domestik bruto atau Gross Domestic Product (GDP) real tertinggi nomor 16 dunia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru