HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perlu sobat Holopis tahu bahwa, FIFA melarang keras penggunaan ban lengan One Love yang dikenakan oleh kapten dari tujuh tim Eropa di Piala Dunia 2022 Qatar.

Lantas apa itu ban lengan One Love? Mengapa tujuh kapten tim Eropa berambisi kuat mengenakannya? dan apa alasannya FIFA melarang penggunaan simbol tersebut. Berikut informasi lengkapnya, sebagaimana dikutip Holopis.com dari berbagai sumber, Kamis (24/11).

Arti Ban Lengan One Love

Ban lengan One Love mulanya diluncurkan pada tahun 2020 sebagai bagian dari kampanye inklusivitas oleh Royal Dutch Football Association (KNVB).

Maksud dari adanya aksi tersebut, bertujuan untuk menentang diskriminasi atas dasar ras, warna kulit, orientasi seksual, budaya, keyakinan, kebangsaan, jenis kelamin, usia maupun semua bentuk diskriminasi lainnya.

Dari desainnya sendiri menampilkan bendera pelangi berbentuk hati dengan angka satu di tengahnya, kemudian dikelilingi oleh teks bertuliskan One Love di kedua sisinya, serta ada tulisan ‘Football Connects’ sebagai pelengkapnya.

Alasan 7 Kapten Tim Eropa Berencana Pakai Ban Lengan One Love di Piala Dunia 2022 Qatar

Para kapten dari tujuh negara Eropa yakni Inggris, Wales, Belgia, Belanda, Swiss Jerman dan Denmark berencana mengenakan ban lengan One Love untuk memprotes hukum Qatar terhadap hubungan sesama jenis.

Qatar Soal Kebijakan Larangan LGBT

Diketahui, homoseksualitas adalah ilegal di negara Muslim konservatif. Hal tersebut pun kemudian diklaim oleh kelompok hak asasi manusia telah didiskriminasi oleh undang-undang Qatar.

Kemarahan mengenai pelarangan ban lengan One Love itu pun semakin mencuat ke muka publik dan mengundang respon banyak kalangan, terutama yang mendukung gerakan tersebut.