HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh menyampaikan rasa duka atas musibah yang tengah dilanda oleh masyarakat Cianjur dan sekitarnya, akibat bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 Magnitudo yang berlangsung pada hari Senin (21/11) kemarin.

“Saya ingin menyatakan rasa duka cita kami yang amat mendalam atas musibah yang diterima oleh seluruh keluarga besar masyarakat Kabupaten Cianjur atas gempa bumi yang terjadi sejak kemarin sore,” kata Surya Paloh dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (23/11).

Menurutnya, apa yang dialami oleh masyarakat di Kabupaten Cianjur khususnya, adalah bagian dari situasi yang memilukan dan menjadi kesedihan seluruh rakyat Indonesia.

“Dan ini tentu amat memprihatinkan bagi seluruh anggota masyarakat kita, keluarga besar bangsa ini,” ujarnya.

Untuk meringankan beban para korban, Surya Paloh sudah memerintahkan jajarannya di Partai NasDem untuk menurunkan pasukan bantuan demi membantu para korban. Baik untuk kebutuhan evakuasi, pendirian dapur umum hingga pelayanan fasilitas kesehatan.

“Maka dengan kapasitas yang amat terbatas, kami telah memerintahkan badan rescue, kemudian juga laskar Panglima Hitam sebagai satgas khusus untuk segera memasuki daerah lokasi bencana, memberikan bantuan terhadap masyarakat yang tertimpa musibah, daripada kesehatan juga anggota Satgas yang dipersiapkan untuk membuka dapur umum dapur umum beberapa perlengkapan yang memang diyakini dia amat diperlukan oleh anggota masyarakat yang tertimpa musibah,” ujarnya.

“Juga saya memerintahkan juga membantu sedaya sebaik mungkin untuk membangun beberapa kesiapan yang memungkinkan terhadap fasilitas mandi dan sebagainya, yang ini semuanya adalah merupakan dekat dan semangat solidaritas sesama keluarga besar bangsa Indonesia,” sambungnya.

Ia pun berdoa agar semua keluarga besar masyarakat yang terdampak musibah bencana alam tersebut bisa tabah dan menerima kenyataan yang ada.

“Semoga pada keluarga yang tertimpa musibah, kami mengajak tetap tabah dan tawakal, kita mendoakan agar kepada mereka yang masih memerlukan tahapan penyembuhan agar dapat segera mendapatkan bantuan dan memudahkan mereka untuk kembali dalam kondisi yang lebih sehat,” ucapnya.