Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

BNPB Kucurkan Rp2 Miliar Bantu Tangani Dampak Gempa Cianjur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menyampaikan, bahwa pihaknya menggelontorkan dana sekitar Rp2 miliar untuk membantu penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Duit Rp2 miliar tersebut dibagi menjadi dua kebutuhan, yakni Dana Siap Pakai (DSP)n dan dana bantuan logistik darurat dengan memiliki besaran masing-masing.

“BNPB juga telah memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp1,5 milyar dan bantuan logistik darurat senilai Rp500 juta,” kata Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (23/11).

Kemudian, ia juga menyampaikan bahwa dana bantuan tersebut sudah disalurkan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk dialokasikan segera.

“Bantuan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur pada saat tinjauan lapangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Wakil Komisi VIII DPR RI, Kepala BNPB dan Kepala BMKG,” ujarnya.

Perlu diketahui juga Sobat Holopis, bahwa gempa bumi berkekuatan 5,6 Magnitudo di Kabupaten Cianjur terjadi pada hari Senin (21/11) siang kemarin sekitar pukul 13.21 WIB akibat aktivitas di Sesar Cimandiri. Titik gempa berada 10 KM arah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan update data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per hari Selasa (22/11) pukul 17.00 WIB, jumlah korban jiwa ada 268 orang, dan 122 sudah terindentifikasi.

Sementara itu, 151 jiwa dalam pencarian, 1.083 jiwa luka-luka, dan 58.362 jiwa mengungsi.

Gempa 5,6 Magnitudo berdampak pada 12 kecamatan, sebanyak 6.570 rumah rusak ringan, 2.071 rusak sedang dan 12.641 rusak berat.

Oleh sebab itu, Muhari menyampaikan bahwa pihaknya terus mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai potensi gempa-gempa sululan. Sekaligus meminta warga untuk mengungsi terlebih dahulu jika rumah mereka dirasa masih belum aman.

“BNPB mengimbau kepada warga di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya untuk mengungsi apabila dirasa rumahnya masih belum aman dari bahaya gempabumi. Warga diimbau untuk tetap waspada akan adanya potensi gempa susulan,” tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta warga untuk menyerap informasi tentang kegempaan dari lembaga resmi pemerintah.

“Warga juga diminta untuk mengikuti dan mendapatkan informasi dari kanal resmi BNPB, BMKG, BPBD, dan pemerintah daerah setempat,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru