HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jambu jamaika yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama syzygium malaccense, umumnya di Indonesia jenis jambu satu ini disebut jambu bol, jambu kepal, apel malaysia, dan apel malaka. Sepintas jambu bol mirip dengan jambu air hanya saja ukurannya jauh lebih besar.

Buah satu ini, memiliki ciri khusus seperti berwarna merah di kulit luarnya, daging buahnya berwarna putih dan lebih tebal ketimbang jambu air. Rasanya cenderung lebih hambar dan kering jika dibandingkan dengan jambu air yang berair dan renyah.

Jambu Bol memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Sebagai sumber vitamin A, B1, B2, B3, C jenis jambu satu ini, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan jaga gula darah.

Selain itu juga, jambu bol mengandung protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi dan karoten yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Dikutip Holopis.com dari situs SehatQ, Senin (21/11), berikut manfaat jambu bol untuk kesehatan tubuh

Mampu Menutrisi Kulit

Manfaat jambu bol yang pertama yakni mampu menutrisi kulit tubuh, karena kandungan Vitamin A dan C dalam buah tersebut sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit, di antaranya bisa mencegah penuaan dini dan menurunkan risiko penyakit kanker kulit.

Mampu Menurunkan Demam Pada Tubuh

Jambu jol dipercaya mampu menurunkan demam saat dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Sobat Holopis dapat mengkonsumsi dalam bentuk buah fresh atau menyeduh dengan air hangat.

Mampu Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat jambu bol selanjutnya yakni mampu menjaga kesehatan mulut. Penyakit yang umum terjadi di sekitar era mulut diantaranya penumpukan kuman penyebab sakit pada gusi, selain itu sariawan dan luka pada mulut atau lidah. Dengan mengkonsumsi jambu bol secara rutin dapat menjaga kesehatan mulut Sobat Holopis karena kandungan vitamin C dalam jambu bol.

Mampu Menjaga Kesehatan Tulang

Buah jambu bol kaya akan kandungan zat besi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, buah ini mampu mencegah dan meminimalisir penyakit osteoporosis.