HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapal berbendera Belanda dengan nama Sailing Vessel Dulce berhasil ditemukan, dan tiga anak buah kapal (ABK) atau kru kapal yang berkewarganegaraan asing dinyatakan selamat.

Sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Minggu (20/11), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) baru saja mendapat laporan bahwa kapal Sailing Vessel Dulce telah diketahui keberadaannya.

Dapat diinformasikan Basarnas bahwa, pada Minggu (20/11) pukul 10.30 WIT, menggunakan KN SAR Baladewa, Abk dan Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong kembali melakukan penyisiran hari kedua di sekitar perairan selat Sele dan Tanjung Seget.

Kemudian pada pukul 10.55 WIT, On Scene Coordinator (OSC) berkoordinasi dengan pelapor atas nama Wick dan mendapatkan info bahwa telah terkoonfirmasi bahwa kapal Sailing Vessel Dulce sudah tiba di Pulau Thursday, Australia dengan kondisi terakhir seluruh kru kapal dalam keadaan sehat.

Berikut data nama korban selamat :

1. Antonie Johannes Jurgens Du Plessis (L) Nahkoda /Australia
2. Bohnet Nicholas Richard (L) Crew / Inggris
3. Cartailer Emilie Valerie Brigitte (P) Crew / Perancis

Dengan begitu, pada pukul 11.50 WIT, KN SAR Baladewa resmi kembali ke Sorong dan tiba di Pelabuhan Navigasi Sorong pada pukul 13.05 WIT dalam keadaan aman, operasi SAR pun dinyatakan tuntas.

Sebagai informasi, kapal berbendera Belanda tersebut dilaporkan hilang kontak di wilayah perairan Seget, Sorong, Provinsi Papua Barat, pada Sabtu (19/11).

Kabar lain mengatakan bahwa kapal bernama Sailing Vessel Dulce tersebut berlayar dari Sorong pada Rabu (16/11) pukul 10.00 WIT dengan tujuan akhirnya yakni Australia, dimana dalam perjalannya kapal tersebut dinyatakan hilang kontak.

Atas adanya laporan tersebut, Basarnas lantas melakukan pencarian secara langsung.