HOLOPIS.COM, JAKARTA – KH Haedar Nashir kembali menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2022-2027.

Ia terpilih dalam rapat pleno Muktamar ke-48 Muhammadiyah yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/11) siang tadi.

Dikutip Holopis.com dari laman resmi Muhammadiyah, berikut profil lengkap Haedar Nashir :

Sosok KH Haedar Nashir merupakan sosok pemimpin Muhammadiyah kelahiran Bandung, 25 Februari 1958. Saat ini, ia bertempat tinggal di Bantul Yogyakarta.

Selain aktif di Muhammadiyah, Haedar Nashir juga tercatat sebagai seorang Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ia mengajar sebagai dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UMY.

Riwayat pendidikan Haedar Nashir dimulai di SD/MI Ciparay Bandung, kemudian Pondok Pesantren Cintawana, Tasikmalaya dan SMA Negeri X Bandung. Haedar lalu mengambil kuliah di STPMD Yogyakarta.

Setelah menamatkan gelar S1 Ilmu Sosiatri STPMD Yogyakarta, Haedar kembali mengambil kuliah untuk gelar S2 dan S3 yang diraihnya dari Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) program studi Sosiologi.

Selain itu, Haedar Nashir juga tercatat aktif sebagai seorang penulis. Ia telah berhasil banyak buku, mulai dari Muhammadiyah Gerakan Pembaruan, Memahami Ideologi Muhammadiyah, Islam Syariat, Muhammadiyah Abad Kedua, Pendidikan Kewarganegaraan, Proses Integrasi dan Konflik dalam Hubungan Antar Pemeluk Agama dan lainnya.