HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menggelar imunisasi polio secara massal di Kabupaten Pidie, Aceh, mulai 28 November 2022.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, bahwa imunisasi massal itu dilakukan menyusul ditemukannya kasus Polio pada anak di Kabupaten tersebut.

“Kita rencanakan di Pidie tanggal 28 November kabupaten Pidie kita harapkan selesai dalam seminggu,” ujar Maxi dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Sabtu (19/11).

Selain itu, Kemenkes juga bakal melakukan imunisasi massal di seluruh Kabupaten di Aceh mulai 5 Desember mendatang.

“Tanggal 5 seluruh (imunisasi di) Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Aceh,” ujar Maxi.

Selain imunisasi massal, Kemenkes juga akan meningkatkan kembali imunisasi polio rutin di seluruh wilayah di Indonesia. Sebab saat ini, cakupan imunisasi polio di 30 provinsi dan 415 kabupaten/kota di Indonesia tergolong rendah.

“Ini kalau lihat 30 provinsi dan 415 kabupaten/kota, semua termasuk kriteria tinggi untuk cakupan imunisasi polio yang rendah,” katanya.

Selain melakukan imunisasi, pemerintah juga melakukan pemantauan di fasilitas kesehatan seluruh Indonesia. Dikhawatirkan masih ada kasus Polio pada anak di bawah 15 tahun yang belum dilaporkan.

“Di samping mempersiapkan ini kita melakukan surveillance yang aktif ke faskes untuk melihat jangan-jangan ada yang belum terlaporkan untuk melihat anak-anak di bawah 15 tahun mengalami flaccid (lumpuh) secara mendadak,” tukasnya.