HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terjadi hal yang menarik di sela-sela KTT G20 Indonesia, dimana Presiden China yakni Xi Jinping menuduh PM Kanada, Justin Trudeau telah membocorkan isi diskusi pertemuan kedua negara kepada awak media.

Dikutip Holopis.com dari CBC, Kamis (17/11), hal itu terjadi ketika Xi Jinping dan Justin Trudeau saling berpapasan dan akhirnya melakukan pembicaraan secara mendadak.

Saat itu terjadi, Xi Jinping lantas menegur Justin Trudeau dan menyampaikan bahwa apa yang didiskusikannya di KTT G20 telah bocor ke muka publik.

“Semua yang kita diskusikan telah bocor ke koran, itu tidak pantas,” kata Xi Jinping kepada Trudeau.

“Itu bukan, cara percakapan yang dilakukan, jika ada ketulusan di pihak anda,” sambungnya.

Trudeau kemudian menyela perkataan Xi Jinping dan mengatakan kepadanya bahwa meskipun berselisih, harus ada kerja sama yang terjalin.

“Kami percaya pada dialog yang bebas dan terbuka dan terus terang dan itulah yang akan terus kami lakukan. Kami akan terus bekerja sama secara konstruktif, tetapi akan ada hal-hal yang tidak kami setujui, dan kami harus,” kata Trudeau sebelum Xijinping menyela.

“Mari kita buat kondisinya terlebih dahulu,” ungkap Xi Jinping sebelum akhirnya kedua pemimpin tersebut saling berjabat tangan.

Diketahui, Xi Jinping dan Trudeau bertemu di sela KTT G20 pada Selasa (15/11) lalu.

Dalam pertemuannya tersebut, beberapa isu dibahas China dan Kanada, seperti invasi Rusia ke Ukraina, agresifitas Korea Utara (Korut), dan lain sebagainya.