HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, menegaskan bahwa Indonesia sejatinya sudah memiliki banyak pengalaman mengadakan turnamen level internasional. Maka dari itu, Indonesia siap menggelar Olimpiade 2036 mendatang di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut disampaikan langsung Menpora Amali dalam konpers di KTT G20, Bali, Indonesia pada Rabu (16/11).

“Kita sangat serius untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Jadi kalau ditanya seberapa serius, kita sangat serius,” kata Menpora Amali, sebagaimana rilis yang diterima Holopis.com, Kamis (17/11).

“Kita sudah punya pengalaman sebagai tuan rumah pelaksanaan olahraga, ada Asian Games dan Asian Para Games (2018). Itu sukses,” ujarnya.

Lanjutnya, Menpora Amali juga turut mempromosikan kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan balapan World Superbike hingga MotoGP di Sirkuit Mandalika.

“Berdasarkan banyaknya penyelenggaraan kelas dunia yang telah sukses di Indonesia, kami siap memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036 mendatang. Itu harapan kami,” tukasnya.

Pernyataan Menpora Amali tersebut pun disambut baik Thomas Bach selaku Presiden International Olympic Committee (IOC), dimana dikatakan bahwa Indonesia memiliki modal yang bagus untuk menggelar event-event besar dunia.

“Saya melihat banyak potensi untuk menggelar event yang sukses di Indonesia. Tentu juga di support dengan kesuksesan Asian Games di Indonesia yang membuat kagum bukan hanya Asia tapi juga dunia internasional,” ungkapnya.

Tak luput dari pernyataannya, Thomas Bach juga turut memberikan apresiasi dan pujian kepada Presiden Jokowi mengenai pernyataannya soal tekad membawa olahraga sebagai alat pemersatu.

“Sesuai pernyataan dari Presiden Joko Widodo telah memberikan spirit Olimpiade yaitu untuk persatuan olahraga, olahraga bisa berkontribusi dalam persatuan dan kebersamaan,” katanya.

Dengan begitu, IOC Future Host Commission kemudian akan menjalin komunikasi dengan Erick Thohir selaku IOC Member di Indonesia, serta Raja Sapta Oktohari selaku Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

“Sesuai arahan Presiden, saya sebagai IOC Member akan menjembatani dukungan Presiden IOC Thomas Bach, sekaligus berkoordinasi dengan IOC, serta Menpora Zainudin Amali, NOC Indonesia yang dipimpin Raja Sapta Oktohari, sehingga dukungan yang diberikan bisa kita maksimalkan dengan kesiapan sebagai tuan rumah Olimpiade di Ibu Kota baru, Nusantara,” kata Erick Thohir.