HOLOPIS.COM, BALI – Presiden Jokowi secara resmi telah menyerahkan palu presidensi G20 ke Perdana Menteri India, Narendra Modi sebagai penanda ditutupnya kegiatan KTT G20 di Bali.

Sebelum penutupan tersebut, Jokowi kemudian menyampaikan selamat serta harapan kepada India dalam melanjutkan presidensi G20 di tahun mendatang.

“Selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan presiden G20 berikutnya, amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global, serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif, selanjutnya berada di tangan Yang Mulia Perdana Menteri Narendra Modi,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (16/11).

Jokowi kemudian menyampaikan optimismenya kepada Narenda Modi bahwa G20 akan terus bergerak maju. Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari Troika, Jokowi menegeaskan bahwa Indonesia siap mendukung kesuksesan Presidensi G20 India.

“Saya juga meminta kepada semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan,” pintanya.

Jokowi pun kemudian mengucapkan selamat tinggal kepada para kepala negara yang akan kembali ke negara mereka.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia semua dan juga selamat jalan, and have a safe trip. Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia, ditutup dan palu kepemimpinan saya serahkan kepada India,” tutup Jokowi.