Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsRagamPapua Jadi Provinsi dengan Indeks Pembangunan Manusia Terendah

Papua Jadi Provinsi dengan Indeks Pembangunan Manusia Terendah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat provinsi Papua menjadi provinsi di Indonesia dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terendah, yakni sebesar 61,39.

“Capaian ini (IPM : 61,39) menempatkan provinsi Papua bersama 7 provinsi lainnya dengan status sedang,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto dalam konferensi pers virtual yang dikutip Holopis.com, Selasa (15/11).

Sementara untuk provinsi dengan capaian IPM tertinggi di tahun 2022 ini, yakni provinsi DKI Jakarta, dengan IPM mencapai 81,65, jauh lebih tinggi dari IPM nasional yang sebesar 72,91.

Kendati demikian, Setianto mengatakan, pihaknya mencatat tidak ada lagi provinsi di Indonesia yang menyandang status pembangunan IPM ‘rendah’, dengan nilai IPM di bawah 60.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Sudah tidak ada lagi provinsi di Indonesia dengan status pembnangunan manusianya dalam kategori rendah,” katanya.

IPM
Indeks pembangunan manusia tahun 2022 berdasarkan daerah dan provinsi. [Gambar : Dok. BPS]
Lebih lanjut, setianto kemudian menjelaskan perihal sejumlah indikator pembangun IPM yang terbagi menjadi tiga dimensi, yakni dimensi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, serta standar hidup layak.

BPS, kata dia, mencatat seluruh dimensi pembentuk IPM pada tahun 2022 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. “Peningkatan IPM 2022 terjadi pada semua dimensi,” tukasnya.

Untuk dimensi umur panjang dan hidup sehat, Setianto menjelaskan bahwa harapan hidup masyarakat Indonesia mengalami peningkatan hingga 71,85 tahun. Artinya, bayi yang lahir pada tahun 2022 memiliki harapan untuk dapat hidup hingga usia 71,85 tahun.

“Harapan hidup bayi yang lahir pada tahun 2022, ini meningkat 0,28 tahun dibandingkan dengan mereka yang lahir pada tahun sebelumnya,” kata Setianto.

Kemudian untuk dimensi pengetahuan, BPS mencatat harapan lama sekolah penduduk umur 7 tahun meningkat 0,02 tahun dibandingkan tahun sebelumnya, dari 13,08 menjadi 13,10 tahun.

Sedangkan rata-rata lama sekolah penduduk umur 25 tahun ke atas meningkat 0,15 tahun, dari 8,54 tahun menjadi 8,69 tahun pada tahun 2022.

Sementara untuk dimensi standar hidup layak, BPS mencatat adanya peningkatan sebesar 2,90 persen. Peningakatan itu karena rata-rata pengeluaran riil per kapita yang menjadi tolak ukur mengalami peningkatan sebesar Rp323.000.

“Untuk pengeluaran per kapita per tahun yang disesuaikan, ini juga meningkat sebesar Rp323.000, atau secara persentase meningkat 2,90 persen,” tukasnya.

Secara garis besar, BPS mencatat Indeks Pembangunan Manusia yang terjadi sejak tahun 2010 hingga tahun 2022 mengalami tren kenaikan yang cenderung stabil. Pada periode tersebut, IPM Indonesia rata-rata meningkat sebesar 0,77 persen per tahun.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 8 KA Tambahan Selama Masa Liburan Sekolah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengoperasikan 8 Kereta Api (KA) jarak jauh tambahan di bulan Juni 2024 untuk...

Cuaca Jakarta Cenderung Berawan Seharian, Cek Prakiraan Lengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Selasa 25 Juni 2024.

4 Ide Cat Tembok Agar Ruangan Terkesan Lebih Besar, Cocok untuk Rumah Minimalis

Memilih cat tembok yang tepat bisa memberikan dampak besar pada tampilan ruangan. Bagi Sobat Holopis yang baru saja membeli rumah minimalis, mungkin trik ini bisa menjadi penyelamat dan membuat ruangan di rumah terlihat lebih luas.

Pemerintah Luncurkan Tema dan Logo HUT ke-79 RI

Pemerintah telah resmi meluncurkan tema sekaligus logo untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Wisma Negara, Jakarta, pada hari ini, Senin (24/6).

Khasiat Belimbing Wuluh yang Belum Banyak Diketahui!

Belimbing wuluh, atau yang dikenal juga sebagai belimbing sayur, adalah buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Server PDN Down, Ribuan Pengajuan Sertifikat Halal UMK Mandek

Lumpuhnya server pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo sejak Kamis 20 Juni 2024 pukul 04.15 WIB, berdampak serius terhadap proses sertifikasi halal. Ribuan pelaku usaha di seluruh Indonesia tidak bisa input data pengajuan sertifikat halal di portal ptsp.halal.go.id.

HOLOPIS FEEDS