Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Musim Hujan 2022/2023 Sudah Terjadi di 4 Zona Musim Wilayah NTT

HOLOPIS.COM, KUPANG – Empat zona musim (Zom) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), dilaporkan telah masuk musim hujan 2022/2023 yang tersebar di Pulau Flores bagian barat dan di Pulau Timor.

“Empat zom yang telah memasuki musim hujan tersebar di Pulau Flores bagian barat dan di Pulau Timor,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG, Rahmattulloh Adji dalam keterangan pers yang diterima Holopis.com, Selasa (15/11).

Secara rinci dijelaskan keempat zona tersebut yakni, zom 473 di Kabupaten Manggarai Barat bagian tengah, zom 474 Manggarai Barat bagian timur, Manggarai bagian tengah, dan Manggarai Timur bagian tengah.

Kemudian, zom 479 Manggarai Barat bagian tenggara, Manggarai bagian selatan, Manggarai Timur bagian selatan dan Ngada bagian barat daya, serta zom 486 Kupang bagian timur laut, Timor Tengah Selatan bagian utara, Timor Tengah Utara bagian barat.

Sedangkan untuk wilayah zona lainnnya, masih dalam masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Untuk sifat hujan yang terjadi selama musim 2022/2023, disebagian besar wilayah NTT masih normal.

Namun masyarakat tetap diminta untuk melakukan pencegahan dan mitigasi bencana hidrometeorologi, seperti banjir atau banjir bandang dan tanah longsor. Adji juga mengimbau para petani agar menyiapkan lahan secara baik untuk menanam tanaman yang cocok pada musim hujan untuk menghindari gagal panen.

“Terutama bagi masyarakat di wilayah yang lebih awal memasuki musim hujan agar lebih siaga bencana akibat curah hujan tinggi,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru