Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

KTT G20 : AS dan China Sepakati Kerja Sama Perubahan Iklim untuk COP27

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping menyepakati kelanjutan kerja sama mengenai perubahan iklim untuk COP27 di sela-sela KTT G20 Indonesia, pada Senin (14/11).

Hal tersebut dilakukan di KTT G20 Indonesia menyusul KTT Iklim COP27 di Mesir beberapa hari sebelumnya.

Diketahui, sebelumnya KTT Iklim COP27 digelar di resor Laut Merah, Sharm el-Sheikh, Mesir, dimana dalam pembahasannya menyatakan bahwa, diperlukan lebih banyak modal keuangan dan komitmen baru dalam perang melawan kenaikan suhu global, yang ditujukan kepada para pemimpin G20.

Pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden mengenai keberlanjutan kerja sama perubahan iklim pun disambut baik oleh beberapa tokoh yang menyoroti hal tersebut.

Pernyataan datang dari Menteri Iklim Spanyol, Teresa Ribera, dimana dikatakan bahwa dirinya berharap pemilihan hubungan AS-China akan mendorong negosiasi yang lebih baik.

“Dua penghasil emisi terbesar harus kooperatif dan ambisius,” katanya, dikutip Holopis.com dari Reuters, Selasa (15/11).

Pernyataan lain juga datang dari Presiden dan CEO Kelompok Lingkungan Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, Manis Bapna, dan mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan pertemuan yang penting.

“Sinyal tegas dari dua ekonomi terbesar untuk bekerja sama mengatasi krisis iklim ini sangat disambut baik, itu penting,” ungkap Bapna.

Sebagai informasi, pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping di KTT G20 Bali tersebut tak hanya menyepakati kerja sama perubahan iklim, namun kesepakatan tersebut mendorong penyamarataan dengan isu-isu seperti ekonomi global hingga isu konflik Rusia-Ukraina. Selengkapnya KLIK DI SINI.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru