Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Joe Biden : Jangan Khawatir Soal Perang Dingin Baru AS dan China

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden menyampaikan hal yang mengejutkan pasca pertemuannya dengan Presiden China, Xi Jinping di KTT G20 Indonesia, Senin (14/11).

Joe Biden berpesan bahwa, dunia tidak perlu khawatir mengenai perang dingin Amerika Serikat dan China.

Hal tersebut disampaikannya secara langsung kepada awak media pasca berakhirnya pertemuan dengan Xi Jinping di KTT G20 Indonesia.

“Tidak perlu ada kekhawatiran tentang perang dingin baru antara Amerika Serikat dan China,” kata Joe Biden, dikutip Holopis.com dari Reuters, Selasa (15/11).

Pernyataan tersebut juga muncul menyusul poin atau hasil dari pertemuan dengan Xi Jinping mengenai persaingan ekonomi kedua negara.

Diketahui, dalam pertemuannya itu, Xi Jinping nyatanya menentang politisasi terhadap hubungan ekonomi dan perdagangan, serta pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Perang perdagangan atau tekonologi, membangun tembok dan penghalang, dan mendorong untuk memisahkan dan memutuskan rantai pasokan bertentangan dengan prinsip-prinsip ekonomi pasar dan merusak aturan perdagangan internasional,” katanya Xi Jinping.

Diketahui, perang dagang antara China dan Amerika Serikat sudah berlangsung sejak jaman pemerintahan Presiden AS, Donald Trump.

Pada era tersebut banyak sanksi yang dilayangkan kepada China, salah satunya mengenai pembekuan perusahaan miliki China, dimana pasca hal tersebut terjadi, hubungan kedua negara semakin memunculkan intensitas tinggi dalam perekonomian global.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru