HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa isu tentang penguatan ekonomi global bakal diperkuat di dalam materi pembahasan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan mulai hari ini.

“Kerjasama ekonomi konkret harus diperkuat, termasuk lewat Partnership for Global Infrastructur and Investment dan Indo Pacific Economic Framework,” kata Presiden Joko Widodo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (15/11).

Salah satu negara yang akan diajak kerja sama adalah Amerika Serikat. Kepala Negara Indonesia itu meminta secara langsung kepada Joe Biden untuk ikut berpartisipasi dalam progres tersebut. Salah satu yang menjadi concern adalah tentang perdamaian dan kesejahteraan.

“Kita mendorong peran Amerika Serikat mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pacific,” ujarnya.

Sebelum forum bersama digelar, Presiden Jokowi memang melakukan pertemuan dengan beberapa pimpinan negara. Selain Amerika, ada juga Jepang dengan perdana menterinya yakni Fumio Kishida. Kemudian ada juga Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, dan juga Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Presiden Jokowi juga melakukan pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan juga Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen.