Penggunaan Senjata Nuklir di Ukraina

Dalam pertemuan tersebut, Joe Bidan dan Xi Jinping menggarisbawahi bahwa keduanya sepakat menentang terhadap penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir di Ukraina.

Hal tersebut menyusul dengan adanya tuduhan Ukraina kepada Rusia yang diklaim akan menggunakan senjata nuklir dalam invasi militernya.

Persaingan Ekonomi Kedua Negara

Mengacu pada sanksi Amerika Serikat terhadap beberapa perusahaan milik China, Xi Jinping dalam hal ini menentang politisasi terhadap hubungan ekonomi dan perdagangan, serta pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Perang perdagangan atau tekonologi, membangun tembok dan penghalang, dan mendorong untuk memisahkan dan memutuskan rantai pasokan bertentangan dengan prinsip-prinsip ekonomi pasar dan merusak aturan perdagangan internasional,” kata Xi Jinping.

Hal ini pun disinggung Joe Biden pasca berakhirnya pertemuan tersebut, dan mengatakan dengan gamblang kepada awak media bahwa tak perlu khawatir dengan konflik AS-China.

“Tidak perlu ada kekhawatiran tentang perang dingin baru antara Amerika Serikat dan China,” kata Biden.

Isu Korea Utara

Isu mengenai Korea Utara pun tak luput dari pembahasan kedua negara tersebut, dimana Biden menjelaskan kepada Xi Jinping bahwa China sejatinya memiliki kewajiban untuk memastikan Korea Utara untuk tidak melanjutkan program uji coba nuklirnya, meski sulit menentukan apakah China memiliki pengaruh atau tidak dalam menghentikan ambisi Korut tersebut.