HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Xi Jinping selaku Presiden China telah mengadakan pertemuan secara langsung di sela-sela KTT G20 Indonesia di Bali, pada Senin (14/11).

Diketahui, pembicaraan secara langsung tersebut merupakan pertama kalinya semenjak Joe Biden menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, dan pertama kalinya sejak 2017 silam.

Berikut ini enam poin penting dari hasil pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping di KTT G20 Bali, Indonesia yang telah dirangkum Holopis.com dari berbagai sumber, Selasa (15/11).

Isu Taiwan

Joe Biden secara tegas bahwa kebijakan one-China mengenai Taiwan yang sebelumnya diklaim Beijing sebagai bagian dari negaranya, tidak berubah dan tetap menjadi fokus perhatian AS.

Di sisi lain, mengenai Taiwan Joe Biden secara eksplisit lebih kritis terhadap tekanan China kepada Taiwan ketimbang protes AS awal tahun lalu dalam panggilan telepon dengan Xi Jinping.

Dalam pertemuannya, pemerintah AS menyampaikan bahwa kembali mengajukan keberatan terhadap tindakan China yang semakin agresif terhadap Taiwan, dimana disebut hal itu merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan di kawasan yang lebih luas, serta bisa membahayakan kemakmuran global.

Xi Jinping juga secara eksplisit mengenai Taiwan, dengan menyebutnya sebagai ‘first red line’ atau garis merah pertama yang tidak boleh diganggu dalam hubungan China dan Amerika Serikat.

Xi Jinping mengatakan, bahwa dirinya berharap Amerika Serikat akan mencocokkan kata-katanya dengan tindakan dan mematuhi kebijakan one-China.