HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sejumlah kepala negara hadir langsung dalam acara KTT G20 yang berlangsung di Bali di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022. Pemerintah sudah siapkan mobil listrik yang akan digunakan untuk mobilitas para delegasi KTT G20.

Total mobil listrik yang disiapkan, yakni 836 unit yang terdiri dari beberapa merek. Seperti Lexus UX 300e, Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 5, dan Wuling Air EV.

Khusus para kepala negara, telah disiapkan Hyundai Genesis Electrified G80. Sedangkan untuk para pejabat setingkat menteri, ada Lexus Ux 300e, Toyota bz4X, serta Hyundai Ioniq 5.

Namun, beberapa kepala negara memilih untuk membawa kendaraan dinasnya sendiri. Dan yang pasti, memiliki fitur keamanan yang super tinggi seperti anti peluru.

Berikut ini kepala negara yang pakai mobil anti peluru di G20 :

1. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden
Joe Biden membawa mobil limosin Cadillac One, yang disebut sebagai The Beast. Mobil tersebut dirancang khusus oleh General Motors, menggunakan bahan lapisan baja setebal 8 inci dengan berat 10 ton. Selain itu, kaca mobil dinas Biden memiliki ketebalan 5 inci yang tahan peluru. Bahkan, mobil ini dikabarkan tahan terhadap ledakan dan mampu menangkal serangan senjata kimia dan biologis.

2. Presiden China, Xi Jinping
Hongqi N701 jadi kendaraan yang dipakai Xi Jinping, selama mengikuti gelaran KTT G20 di Bali. Mobil tersebut juga terlihat langsung dipakai, saat ia tiba di Bali. Mobil ini hanya ada 50 unit, yang digunakan khusus tugas kenegaraan. Secara fitur, Hongqi N701 sudah memiliki perlindungan yang maksimal tahan terhadap peluru hingga bom sekalipun.

3. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Erdogan memilih Mercedes-Maybach S600 Guard untuk digunakan selama KTT G20, yang merupakan versi terbaru. Mobil tersebut, sudah dibekali dengan perlindungan antipeluru VR10 yang sesuai dengan Directive Bullet Resistant Vehicles (BRV) Versi 2. Mobil ini juga telah mendapat sertifikasi Explosive Ressistant Vehicle 2010 yang tahan terhadap serangan ledakan dari samping maupun dari bagian kolong mobil.

4. Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida
Selama gelaran KTT G20, PM Jepang Fumio Kishida menggunakan mobil anti peluru besutan Jerman yakni Mercedes-Benz S600 dengan kode bodi W221. PM Jepang datang bersama dengan istrinya, Yuko Kishida.

5. Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol
Mercedes-Benz S600 Guard jadi pilihan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol selama mengikuti KTT G20. Mobil ini sama dengan yang digunakan PM Jepang, Fumio Kishida. Mobil ini sudah memiliki tingkat ketahanan B6/B7 dengan sederet fitur keamanan seperti sistem pemadam kebakaran, tangki bensin self-sealing, dan run-flat tire.