HOLOPIS.COM, BANTEN – Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan pengarahan kekuatan Pancasila bagi Aparatur Sipil negara (ASN) di Provinsi Banten.

Dalam pengarahannya, Ma’ruf Amin menegaskan bahwa posisi Pancasila dan agama Islam tidak saling bertentangan. Sebab, Pancasila adalah kesepakatan mulia yang terlahir sebagai ideologi dasar negara yang menyatukan tekad semua orang dan golongan untuk memerdekakan Indonesia.

“Pancasila dan agama tidak saling bertentangan. Kalau bahasa agamanya itu, la munafata bainahuma, jadi saling menguatkan,” kata Ma’ruf dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (14/11).

Ma’ruf menjelaskan, nilai-nilai Pancasila justru telah mengilhami lahirnya bangsa ini, yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi hikmah kebijaksanaan, dan keadilan sosial.

“Ini yang dirumuskan kemudian disepakati. Jadi, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, itu kalau bahasa agamanya itu termasuk kesepakatan nasional, al mitsaq al wathani, namanya mitsaq al wathani,” terangnya.

Oleh karena itu, setiap ASN pun dituntut harus memiliki jiwa Pancasila dalam menjalankan roda pemerintahan.

“ASN tidak hanya dituntut untuk berkompetisi tekhnis, managerialz dan sosio-kultural. Tapi juga juga ASN berintegritas dan berjiwa Pancasila,” tegasnya.