HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11) malam untuk menghadiri langsung KTT G20. Biden datang dengan membawa sendiri mobil dinasnya, yakni Cadillac One yang disebut sebagai The Beast.

Mobil tersebut dirancang khusus, dan sudah digunakan Biden sejak menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat tahun 2021 lalu. Secara spesifikasi rinci memang tidak diungkapkan secara detail, karena mobil ini seperti sebuah kendaraan misterius yang dioperasikan oleh Secret Service.

Dikutip Holopis.com dari Car and Driver, Senin (14/11), The Beast memiliki eksterior yang mirip dengan sedan Cadillac CT6 atau XTS. Dari segi sasis, mobil ini menggunakan sasis truk kelas berat GMC TopKick.

Secara detail mesin memang tidak diketahui secara jelas, namun dengan berat yang disebut hingga 15 ribu pound atau sekitar 6,8 ton. sehingga membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk menjalankan The Beast.

Dari informasi yang ada, The Beast dirancang dengan tingkat keamanan yang super tinggi. Seperti kaca yang digunakan yakni inci dan pintu 8 inci yang dikatakan sama seperti pintu pesawat komersial. Kemudian, material yang dipasang di bagian bawah menggunakan titanium, keramik, dan pelat anti bom.

Fitur-fitur yang ada di mobil canggih ini, ada run-flat tyre, perlengkapan penglihatan malam hari, suplai oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir. Mobil ini juga bisa menembakkan tabung gas ke luar melalui bumper depan. Bahkan, The Beast punya alat transportasi sendiri berupa pesawat kargo Globemaster C-17 untuk mengangkutnya kemana pun presiden pergi.