HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah Matoa merupakan salah satu jenis buah asli dari tanah Papua. Buah tersebut, kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, karena buah matoa sebagai sumber antioksidan yang sangat baik, sehingga mampu tingkatkan imun tubuh.

Dikutip Holopis.com dari situs halodoc, Senin (14/11), buah matoa memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C dan E, mineral, dan tanin sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah asli papua ini, memiliki bentuk yang lonjong menyerupai telur puyuh dan ukurannya bisa sampai sebesar buah pinang. Buahnya berwarna merah marun dan akan kecoklatan bila sudah matang. Daging buahnya pun, kenyal, berwarna bening dan berair jika sekilas seperti buah kelengkeng.

Berikut manfaat buah matoa untuk kesehatan tubuh.

Mampu Melawan Infeksi Virus

Manfaat buah matoa yang pertama yakni mampu melawan infeksi virus. Mengonsumsi matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan adalah perlindungan sempurna terhadap infeksi virus, karena buah satu ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mampu Melawan Radikal Bebas

Buah matoa mengandung berbagai sumber antioksidan, karena kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kombinasi kedua vitamin tersebut, akan memberikan dan membentuk antioksidan kuat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas secara efektif dan maksimal.

Mampu Cegah Perkembangan Kanker

Salah satu pemicu tumbuhnya kanker, ketika radikal bebas masuk ke tubuh. Antioksidan adalah penangkal untuk radikal bebas karena bekerja melawannya dan mencegah perkembangan sel kanker.

Kandungan pada buah matoa sebagai sumber antioksida mampu cegah perkembangan kanker dalam tubuh.

Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin E dan C dalam buah matoa juga sangat bagus untuk kulit. Ketika vitamin C berperan dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit, antioksidan pada vitamin E mendorong regenerasi sel kulit optimal dan mampu menjaga kesehatan kulit.