HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kebaikan Sedunia atau World Kindness Day diperingati pada 13 November di setiap tahunnya.

Hari Kebaikan Sedunia dibentuk untuk mempromosikan kebaikan di seluruh dunia, serta diperingati sebagai bagian dari gerakan kebaikan dunia.

Sejarah Hari Kebaikan Sedunia

Dikutip Holopis.com dari National Today, Minggu (13/11), Hari Kebaikan Sedunia pertama kali diperkenalkan sebagai hari pengamatan oleh Gerakan Kebaikan Sedunia.

Pada tahun 2019, organisasi tersebut terdaftar sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) resmi di bawah hukum Swiss, tetapi sejarah kelompok ini terbentang kembali ke konvensi yang berbasis di Tokyo pada tahun 1997.

Berbagai lembaga dan asosiasi yang berbasis di negara-negara seperti Australia, Thailand, Amerika Serikat, dan Inggris telah berkumpul di konferensi ini karena dedikasi mereka untuk memperjuangkan kebaikan dalam masyarakat.

Konferensi itu pun kemudian menciptakan sebuah janji, dengan pernyataan tertulis yang menyatakan bahwa ‘janji mereka untuk bergabung bersama untuk membangun dunia yang lebih baik dan lebih welas asih’, lalu pada tahun 1998, untuk mencapai tujuan tersebut, akhirnya tercipta Hari Kebaikan Sedunia yang pertama.

Tujuan Diperingatinya Hari Kebaikan Sedunia

Ada pun tujuan dari Hari Kebaikan Sedunia adalah untuk menyoroti perbuatan baik di masyarakat luas yang berfokus pada kekuatan positif dan benang merah kebaikan yang mengikat kita.