Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

6 Gerakan Olahraga Untuk Pemula

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh Sobat Holopis semakin sehat. Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan adalah melatih tubuh dengan olahraga.

Namun, bagi para pemula yang ingin berolahraga bisa praktekan cara-cara olahraga yang mudah di rumah atau lingkungan sekitar. Saat ini, olahraga terus mengalami perkembangan dari masa ke masa, cara, jenis dan gerakannya pun sangat simple untuk dilakukan secara mandiri.

Jika Sobat Holopis merasa bingung untuk memilih gerakan olahraga ringan apa yang baik untuk pemula untuk menghindari beban olahraga terlalu berat yang mungkin saja memicu cedera fisik.

Dikutip Holopis.com dari situs Okadoc, Minggu (13/11), berikut gerakan olahraga untuk pemula yang mudah dan simple

Naik Turun Kursi

Untuk Sobat Holopis yang belum terbiasanya dengan olahraga, bisa coba olahraga satu ini untuk dilakukan di rumah. Naik turun kursi menjadi olahraga yang ringan untuk dipraktekan. Olahraga sederhana ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot kaki.

Naik Turun Tangga

Sama dengan naik turun kursi, olahraga ringan satu ini mudah sekali dicoba di rumah. Karena olahraga ini, mampu menguatkan otot-otot kaki dengan cara yang sama seperti naik turun kursi.

Karena tangga lebih kokoh, Sobat Holopis bisa melakukan gerakan yang lebih bervariasi. Semisal dengan melakukannya secara perlahan atau cepat seperti sedang berlari.

Push Up

Push Up adalah gerakan olahraga dasar yang tentunya sudah dikenal luas oleh Sobat Holopis sejak kecil. Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot bisep dan trisep yang ada pada lengan.

Olahraga ini, juga sangat mudah dilakukan dirumah maupun di mana pun. Untuk melakukan push up, Sobat Holopis harus memperhatikan posisinya dengan baik dan benar.

Sit Up

Tips gerakan yang satu ini juga termasuk olahraga ringan untuk pemula. Sit up dilakukan untuk mengencangkan otot perut. Olahraga satu ini, sebenarnya tidak menggunakan alat apapun, namun kalau pun Sobat Holopis ada matras cukup membantu tubuh terasa nyaman saat melakukan sit up. Jika dilakukan secara rutin, sit up mampu meningkatkan kebugaran tubuh, loh.

Squat

Squat adalah gerakan olahraga yang dapat memperkuat otot paha dan kaki. Sobat Holopis, hanya perlu berdiri sambil merenggangkan kaki sampai sejajar dengan bahu. Lalu lipat kaki dan turunkan badan seakan-akan kamu sedang duduk atau setengah jongkok hingga sudut lutut kaki membentuk 90 derajat.

Tapi saat itu arahkan tubuh bagian atas agak condong maju ke depan dengan punggung yang lurus, kemudian kembali ke posisi awal. Seperti olahraga lain, lakukan gerakan ini secara berulang.

Berlari

Gerakan ini cocok dilakukan sebagai olahraga untuk pemula. Sobat Holopis bisa melakukannya di luar ruangan sambil menghirup udara bebas, atau di dalam ruangan dengan alat bantu fitness ataupun tidak. Olahraga ringan ini juga dapat melatih pernapasan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menpora Janji Evaluasi PON XXI Aceh-Sumut 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo meminta maaf atas kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Menpora Dito pun berjanji akan mengevaluasi hal tersebut agar ke depannya lebih baik lagi.

Persib vs Persija : Carlos Pena Ngarep Hasil Terbaik

Duel super big match Persib vs Persija akan tersaji di hari terakhir pekan ke-6 Liga 1 musim 2024/2025. Pelatih Carlos Pena pun berharap bahwa timnya bisa meraih hasil yang terbaik pada laga tersebut.

China Open 2024 : Dejan/Gloria Kandas di Semifinal

Pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus angkat koper dari China Open 2024, usai gagal meraih kemenangan di babak semifinal.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru