Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

5 Manfaat Rosehip Oil bagi Kecantikan, Bisa Cegah Penuaan Dini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rosehip oil merupakan salah satu jenis minyak yang memiliki kandungan baik bagi kullit.

Rosehip oil merupakan minyak yang berasal dari hasil penyulingan buah rosehip, yaitu buah yang terdapat pada tanaman mawar yang sudah mati.

Buah rosehip dengan kualitas baik dihasilkan dari tanaman Rosa canina yang banyak terdapat di negara Chili.

Kandungan asam lemak esensial, vitamin, dan berbagai senyawa yang bersifat antioksidan di dalammya, membuat rosehip oil dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan kulit.

Lalu, apa saja manfaat rosehip oil bagi kesehatan kulit? Berikut Holopis.com kutip dari berbagai sumber.

1. Mencerahkan kulit

Manfaat rosehip oil untuk mencerahkan kulit diperoleh dari vitamin A atau retinol di dalamnya. Senyawa ini dapat memberikan efek pengelupasan yang bertujuan untuk proses regenerasi kulit.

Dengan begitu, lapisan kulit yang lebih sehat akan terbentuk sehingga wajah tampak lebih cerah dan glowing.

2. Menjaga elastisitas kulit

Selain memicu pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi, kandungan vitamin A dalam rosehip oil juga bermanfaat dalam pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Nah, Anda bisa memanfaatkan rosehip oil untuk menjaga elastisitas kulit Anda.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Antioksidan pada rosehip oil terbukti mampu melindungi kulit dari dampak sinar UV, misalnya penuaan dini dan kanker kulit. Meski begitu, penggunaan rosehip oil sebagai pengganti tabir surya tidak dianjurkan.

Ini karena tabir surya mengandung SPF dan PA sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang tidak dimiliki oleh rosehip oil.

4. Menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit

Banyaknya kandungan asam lemak esensial dalam rosehip oil bermanfaat untuk menjaga kandungan air di kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mencegah penuaan dini.

5. Menyamarkan bekas luka dan garis halus

Manfaat rosehip oil sebagai penyembuh luka telah dipercaya sejak zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, rosehip oil diketahui mampu menyamarkan bekas luka dan garis halus.

Hal ini didukung oleh beragam senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan asam lemak esensial yang berfungsi dalam proses regenerasi jaringan serta memicu pembentukan kolagen, sehingga bekas luka dan garis halus menjadi tersamarkan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru