HOLOPIS.COM, KUTAI KARTANEGARA – Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Kabupaten Kutai Kartanegara, Taufik Hidayat menyampaikan apresiasi kepada pemerintah. Pasalnya, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang saat ini tengah berjalan diyakini bakal memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat.

“Bahwa progres pembangunan IKN saat ini masih berlangsung, tentu ini akan berdampak positif bagi masyarakat lokal,” kata Taufik kepada wartawan di kantornya, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (12/11).

Kemudian, ia juga menilai bahwa kebijakan pemerintah pusat yang memindahkan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur adalah pilihan yang sangat bagus.

“Kami menilai bahwa pemindahan IKN ke wilayah Kaltim sebagai langkah yang baik sekali. Oleh sebab itu, sebagai tokoh pemuda yang berkedudukan di Kukar, tentu pemindahan IKN ini patut di dukung dan di-support agar pembangunan IKN bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kemudian, Taufik menyebutkan bahwa kawasan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN ditetapkan sebagai pusat kawasan pemerintahan IKN tentu saja pemerintah pusat memiliki target pencapaian pembangunannya, seperti Istana Negara dan infrastruktur lainnya, agar bisa selesai secepatnya.

“Harapan kami, agar progres pembangunan IKN dapat sesuai target waktunya, sebagaimana yang telah disampaikan oleh pemerintah pusat yakni tepat waktu,” lanjut Taufik.

Selanjutnya, Kab Kukar sebagai wilayah penyangga green city kawasan IKN, Taufik berharap banyak agar progres itu bisa terealisasi dengan baik.

“Bisa dikatakan senang sekali, karena mudah-mudahan dengan adanya pembangunan IKN ini, akan memberikan banyak dampak positif bagi penduduk atau masyarakat lokal, khususnya di wilayah Kabupaten PPU dan Kabupaten Kukar,” tandasnya.

Dalam perspektif politik, Taufik menegaskan bahwa Partai Demokrat berada di luar pemerintahan. Pihaknya akan terus memberikan kritikan yang membangun untuk kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Hanya saja, terkait dengan IKN, sikap mereka adalah mendukung, bahkan akan memberikan dukungan yang proporsional untuk bisa dilakukan suksesi pembangunan IKN Nusantara tersebut.

“Program pemindahan IKN kami dukung, karena mengandung nilai kebaikan bagi masyarakat luar Jawa, tapi Parpol Demokrat tetap harus bersikap kritis terkait pembangunannya IKN,” pungkasnya.