HOLOPIS.COM, JAKARTA – Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan, bahwa akan ada 17 (tujuh belas) pimpinan negara sahabat akan hadir memenuhi undangan Konferensi Tingkat Tinggi Global 20 Presidensi (KTT G20) yang akan diselenggarakan di Pulau Dewat Bali mulai 15-16 November 2022 mendatang.

Dari sekian banyak undangan yang ada, hanya ada 3 (tiga) kepala negara menyatakan tidak hadir secara langsung. Mereka adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

“Saya kira ada 17 pemimpin yang akan tiba di sini mulai besok malam, tiga pemimpin tidak datang,” kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring dan dikutip Holopis.com, Sabtu (12/11).

Luhut yang juga Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 tersebut menjelaskan mengapa Putin absent dalam ajang dunia tersebut. Menurut Luhut, Putin tak bisa hadir karena ada masalah yang harus diselesaikan di dalam negerinya.

Kemudian, Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga dipastikan tidak akan hadir karena saat ini negara tersebut dalam masa transisi setelah Pemilu beberapa waktu lalu.

“Karena Brasil baru saja selesai pemilu, mereka tidak bisa hadir karena masalah transisi,” terang Luhut.

Pemimpin lainnya yang tak bisa hadir yakni Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu pun mengatakan, bahwa Presiden Meksiko memang tidak pernah keluar dari negaranya.

“Sepanjang yang saya tahu, presiden Meksiko tidak pernah keluar dari Meksiko. Jadi, itu tiga pemipin yang tidak akan hadir (dalam G20),” papar Luhut.