HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kunyit adalah rempah yang biasa digunakan sebagai bahan campuran bumbu masakan Indonesia maupun manca negara. Rempah satu ini, memiliki ciri khas berwarna kuning orange. Ternyata, dibalik itu kunyit sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, rampah ini mampu melawan berbagai penyakit dari yang ringan hingga berat.

Kandungan dalam rimpang kunyit yakni zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

Selain itu Minyak atsiri, arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar. Serta terakhir, mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth.

Kandungan tersebut bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba, yang tentunya baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan yang dikutip Holopis.com dari situs AloDokter, Sabtu (12/11).

Mampu Redakan Rasa Gatal Pada Kulit

Kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis. Sobat Holopis, bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal tersebut.

Mampu Meredakan Gangguan Menstruasi

Berbagai studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin (zat dalam kunyit) dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Kunyit juga dipercaya dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi.

Mampu Mencegah Kanker

Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker.

Mampu Cegah Penyakit Jantung

Manfaat kunyit lainnya yakni mampu cegah penyakit jantung. Kunyit diyakini dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Bahkan, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung.

Mampu Redakan Rasa Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit dapat digunakan sebagai salah satu obat rematik alami dengan cara mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis.

Mampu Atasi Gangguan Pencernaan

Kandungan kurkumin dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi dan mengendalikan berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis, karena sifat anti inflamasi dari kandungan tersebut bisa atasi gangguan pencernaan.