Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Antibakteri, 4 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pastinya Sobat Holopis, telah mengenal daun salam yang merupakan salah satu daun yang umum digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Ternyata, daun salam kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Daun salam memiliki ciri khas yang mudah dikenali seperti bau yang harum, sehingga sering digunakan sebagai penambah aroma masakan.

Selain itu, helaian daun bentuknya lonjong sampai elips, ujung meruncing, pangkal runcing, tepi rata, panjang 5-15 cm, lebar 3-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan atas licin berwarna hijau tua, permukaan bawah warnanya hijau muda.

Tanaman ini memiliki kandungan vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid serta senyawa-senyawa lain. Kandungan tersebutlah yang membuat daun salah bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dikutip Holopis.com dari situs halodoc, Rabu (9/11), berikut manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh

Mampu Perbaiki Sistem Pencernaan dan Ginjal

Teh daun salam (teh herbal), membantu meringankan gangguan sakit perut. Hal ini membantu tubuh melepaskan racun dan baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam sangat efektif dalam meredakan sindrom iritasi usus besar atau bahkan memudahkan mencerna makanan.

Mampu Turunkan Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dapat membantu menurunkan gula darah dan kolesterol. Polifenol yang ditemukan dalam daun salam bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Zat tersebut, membantu pengidap diabetes dengan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Cegah Stres dan Depresi

Kandungan linalool dalam daun ini dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada tubuh. Karena, daun salam memiliki kualitas menenangkan alami yang dapat membantu tubuh manusia untuk jauh lebih tenang dan mengurangi kemungkinan depresi.

Mampu Lawan Infeksi dan Jamur

Manfaat daun salam selanjutnya yakni mampu lawan infeksi dan jamur karena didalamnya mengandung antibakteri, yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri. Bahkan daun salam mampu hentikan pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus (bakteri karena infeksi Staph) dan E. coli.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru