Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Anti Peradangan, Ini 6 Manfaat Serai Untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Serai atau sereh merupakan tanaman yang sering digunakan masyarakat Indonesia sebagai tambahan masakan maupun minuman tradisional. Biasanya batang serai atau sereh yang umum digunakan. Selain itu, serai juga digunakan sebagai racikan parfume karena aromanya yang khas.

Tanaman serai biasanya mudah dijumpai, karena biasanya ditanam oleh masyarakat di pekarangan rumah. Ternyata, selain digunakan untuk masakan, minuman dan parfume, serai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, loh Sobat Holopis, tanaman satu ini juga sering dikenal dengan tanaman herbal.

Secara fisik, Serai mirip dengan rumput namun memiliki ukuran yang lebih besar. Daunnya memiliki tekstur kasar dan tajam pada bagian sampingnya.

Serai juga mengandung banyak kandungan kimia, seperti sitronelal, sitronelol, geraniol, terpinol, borneol, geranil asetat, dan lain sebagainya. Kemudian serai dapur diketahui memiliki kandungan fitokimia, yakni tanin, flavonoid, fenol, dan minyak esensial.

Dikutip Holopis.com dari situs klikdokter, Kamis (10/11), berikut manfaat serai untuk kesehatan tubuh

Mampu Atasi Peradangan

Berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center, senyawa utama dalam serai, yaitu citral dan geranial berperan sebagai agen anti peradangan. Keduanya mampu membantu menghentikan peradangan tertentu di tubuh Sobat Holopis.

Mampu Mengeluarkan Racun

Manfaat serai selanjutnya adalah mampu mengeluarkan racun, biasanya serai bisa diolah menjadi teh. Biasanya teh serai dipercaya memiliki efek antioksidan bagi tubuh, yang berperan melawan radikal bebas. Selain itu, teh serai juga dipercaya bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Serai bermanfaat menurunkan tekanan darah sistolik, khasiat ini berasal dari kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam sereh.

Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam sereh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Sobat Holopis. Berbagai kandungan antioksidan di dalam serai juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh.

Mampu Meredakan Nyeri Haid

Serai dipercaya dapat membantu meredakan nyeri haid dan membuat perut terasa lebih nyaman. Serai kerap pula digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram menstruasi dan kembung ketika haid. Khasiat ini berasal dari kandungan senyawa anti peradangan dalam serai.

Mampu Obati Masalah Gigi dan Mulut

Manfaat serai selanjutnya yakni mampu obati masalah gigi dan mulut, karena tanaman tersebut, mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang. Melalui Journal of Contemporary Dental Practice, senyawa antimikroba dalam minyak esensial serai sanggup melawan Streptococcus mutans (bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi mulut dan gigi).

Itulah 6 manfaat serai untuk kesehatan tubuh. Untuk Sobat Holopis yang ingin mendapatkan manfaatnya, bisa mengolah serai menjadi teh serai ataupun olahan minuman tradisional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru