HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dua model mobil Tesla, Model S dan Model X 2017-2021 ditarik karena mengalami masalah pada power steering-nya.

Kendala tersebut, membuat mobil kehilangan bantuan power steering saat mengemudi di jalan yang kasar atau setelah menabrak lubang.

Dikutip Holopis.com dari Reuters, Rabu (9/11), ada sekitar 40 ribu unit mobil dari kedua model tersebut.

Pembaruan perangkat lunak over-the-air dikabarkan telah dirilis, yang berfungsi untuk mengkalibrasi ulang sistem. Antara lain, untuk mendeteksi torsi bantuan kemudi yang tidak terduga dengan lebih baik.

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, masalah power steering mobil Tesla ini membutuhkan kemudi yang lebih besar, terutama pada kecepatan rendah, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Sementara pihak Tesla mengatakan, sudah mengidentifikasi 314 peringatan kendaraan untuk kondisi ini di antara kendaraan-kendaraan di AS.

Kemungkinan, terkait dengan penarikan tersebut, tetapi mengatakan tidak mengetahui adanya cedera atau kematian terkait dengan kondisi ini. Sejak 1 November, sudah lebih dari 97 persen kendaraan telah ditarik untuk diinstal pembaruan.

Selain itu, 53 kaca spion samping eksterior Model S 202, yang dibuat untuk pasar Eropa yang tidak memenuhi persyaratan Visibilitas Belakang AS juga ditarik Tesla. Tesla telah mengeluarkan 17 kampanye penarikan pada tahun 2022 yang mencakup 3,4 juta kendaraan.