Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Warga Jayapura Bisa Lihat Gerhana Bulan Total Selama 25 Menit

HOLOPIS.COM, JAYAPURA – Gerhana bulan yang akan berlangsung pada Selasa (8/11), bisa disaksikan langsung oleh masyarakat di wilayah Jayapura selama 1 jam 25 menit.

Menurut Koordinator Bidang Observasi Balai Besar BMKG Wilayah V Danang Pamuji, gerhana bulan diperkirakan akan dimulai pukul 17.00 hingga 22.57 WIT.

Sementara itu gerhana bulan total akan berlangsung sekitar 25 menit, dan bisa dilihat pada mulai pukul 19.59 WIT.

Danang mengatakan, masyarakat bisa melihat langsung fenomena tersebut tanpa alat bantu. “Masyarakat dapat melihat fenomena alam yang siklusnya terjadi 18 tahun sekali dengan mata telanjang,” katanya, Senin (7/11).

Pemantauan akan dilakukan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di stasiun meteorologi yang ada di Dok II Bawah depan kantor gubernur Jayapura.

Pada kesempatan tersebut, BMKG akan sediakan teropong yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melihat benda-benda astronomi.

“Kami juga akan melakukan live streaming sehingga masyarakat dapat menyaksikan dan berharap cuaca bersih,” pungkas Danang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru