Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSetoran Pajak dari Perdagangan Digital Capai Rp9,17 Triliun

Setoran Pajak dari Perdagangan Digital Capai Rp9,17 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat total setoran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) atau digital mencapai Rp9,17 trliun.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Neilmaldrin Noor menyebut bahwa total PPN yang dipungut dari 111 pelaku usaha tersebut terdiri dari pungutan PPN pada tahun 2020 sebesar Rp731,4 miliar dan 2021 sebesar Rp3,90 triliun.

Sementara sisanya, yakni sebesar Rp4,53 triliun berasal dari pungutan pajak yang dilakukan di dari 1 Januari hingga 31 Oktober 2022.

“Rp4,53 triliun berasal dari setoran tahun 2022 sampai 31 Oktober,” kata Neilmaldrin dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Selasa (8/11).

Adapun hingga 31 Oktober 2022, pemerintah telah menunjuk 131 pelaku usaha PMSE sebagai pemungut PPN, dengan tarif 11 persen atas produk luar negeri yang dijualnya di Indonesia. Hal itu sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK)-60/PMK.03/2022.

Tak hanya itu, pelaku usaha yang telah ditunjuk pemerintah sebagai pemungut PPN PMSE juga wajib membuat bukti pungutan PPN.

“Bukti pungut tersebut dapat berupa commercial invoice, billing, order receipt, atau dokumen sejenis lainnya yang menyebutkan pemungutan PPN dan telah dilakukan pembayaran,” kata Neilmaldrin.

Ke depan, DJP akan terus menunjuk para pelaku usaha PMSE yang melakukan penjualan produk maupun pemberian layanan digital dari luar negeri kepada konsumen di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kesetaraan antara pelaku usaha konvensional dan digital.

Adapun pelaku usaha PMSE yang dimaksud juga memenuhi kriteria berupa nilai transaksi dengan pembeli Indonesia melebihi Rp 600 juta setahun atau Rp 50 juta sebulan. Kemudian jumlah trafik konsumen di Indonesia melebihi 12 ribu setahun atau seribu dalam sebulan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.