Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPemerintah Cari Cara Cegah PHK Massal di Industri Padat Karya

Pemerintah Cari Cara Cegah PHK Massal di Industri Padat Karya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa pemerintah saat ini tengah mencari cara untuk mencegah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran, utamanya di industri padat karya.

Sebagaimana diketahui, industri padat karya merupakan sektor industri paling terdampak oleh penurunan permintaan yang terjadi secara global, baik di Amerika Serikat maupun Eropa.

Airlangga melihat, sektor padat karya perlu diberi kebijakan khusus seperti halnya saat pandemi covid-19. Salah satunya yakni pemberian restrukturisasi pembiayaan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Tentu akan disyaratkan untuk relaksasi daripada kredit yang disiapkan,” kata Airlangga dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Selasa (8/11).

Airlangga menambahkan, pemerintah akan membuat kebijakan dengan melihat kondisi per sektor secara lebih detil.

“Kami akan lihat situasinya, jika sudah pulih kami akan menghentikan program tersebut agar kami bisa alihkan bantuan ke sektor-sektor lainnya,” terang Airlangga.

Untuk diketahui, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pun sudah sepakat untuk tidak melanjutkan program restrukturisasi ke seluruh sektor. Hal ini lantaran karakteristik dari masing-masing sektor yang berbeda-beda.

Dengan demikian, hanya sektor tertentu yang masih mendapatkan tekanan yang akan diperhatikan melalui kebijakan relaksasi kredit.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.