Jumat, 27 September 2024
Jumat, 27 September 2024
NewsEkobizAirlangga Hartarto Yakin G20 Sumbang PDB Rp7,4 T

Airlangga Hartarto Yakin G20 Sumbang PDB Rp7,4 T

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meyakini bahwa kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi G20 Presidensi yang akan dihelat di Pulau Dewata Bali akan memberikan sumbangsih pertumbuhan ekonomi.

Bahkan ia menyebut sumbangsih ekonomi dari KTT G20 bisa mencapai Rp7,4 triliun pada produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang meliputi konsumsi langsung sebesar Rp1,7 triliun.

Hal ini disebabkan karena G20 ini akan menyerap sebanyak 33.000 tenaga kerja, baik dari kegiatan langsung maupun UMKM.

“Selama G20, telah digelar event yang mencapai 438 event, terdiri; ministerial meeting, working group, engagement group, side event, dan angka ini lebih dari hari dalam setahun, 365 hari per tahun,” kata Airlangga dalam konferensi pers “Capaian Pertumbuhan Ekonomi Triwulan ke-3” dikutip Holopis.com, Selasa (8/11).

Kegiatan yang telah dilakukan di 25 kota ini merupakan kegiatan G20 dengan rapat terbanyak. Ia juga melaporkan hingga saat ini, sudah ada 2.500 orang yang telah mendaftar dari 39 delegasi. Tiga puluh sembilan delegasi ini terdiri dari 20 negara anggota G20, 9 negara undangan, dan 10 lembaga internasional.

“Ini tentu akan membuat perekonomian secara nasional baik. Dan dari sisi rekognisi, Indonesia akan menjadi perhatian puncak dunia dalam perhelatan G20,” ujarnya.

Terlebih lagi, Ketua Umum DPP Partai Golkar itu menyebut, bahwa saat G20 berlangsung, ekonomi Indonesia mampu tumbuh di 5,72 persen (year-on-year/yoy) pada kuartal III/2022 dan inflasi dapat ditekan menjadi 5,71 yoy pada Oktober 2022.

Melihat pencapaian ini, Airlangga menyebut Indonesia sedang berada dalam performance yang baik dalam memimpin G20 dan juga keketuaan Asean mendatang.

Indonesia juga akan semakin diperhitungkan di tingkat global. Pasalnya, Airlangga mengutip beberapa rilis berdasarkan purchasing power parity, ekonomi Indonesia berada di peringkat 7 dunia dan diperkirakan dapat masuk 4 besar paling cepat pada 2030.

“Jadi berbasis kepada ini semua tentu ini membawa optimisme kita di tahun depan,” pungkas Airlangga.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Malah Ditutup Tak Bergairah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan, Jumat 27 September 2024.

ESDM Targetkan Tambahan Kapasitas PLTB 5 GW hingga 2030

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan PT PLN (Persero) tengah menyusun Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2025-2035 serta Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN).

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Turun Tipis Hari ini, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami penurunan tipis pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.