Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

KPK Akui Pemeriksaan Lukas Enembe Kembali Terkendali Karena Sakit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kali ini mengatakan proses pemeriksaan terhadap Lukas Enembe sebagai tersangka belum sepenuhnya rampung.

Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, Gubernur Papua tersebut kembali mengaku sakit di tengah proses pemeriksaan yang turut dihadiri ketua KPK Firli Bahuri beberapa waktu lalu.

“Pemeriksaan terhenti karena tersangka mengaku sakit dan kemudian dilakukan pemeriksaan oleh dokter KPK dan IDI serta di dampingi dokter pribadi yang kemudian sepakat pemeriksaan dihentikan,” kata Ali dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (6/11).

Oleh karena itu, Ali pun beralasan bahwa pemeriksaan yang dilakukan di rumah Lukas Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura itu harus berhenti sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Sesuai dengan KUHAP maupun penghormatan terhadap HAM bila tersangka maupun saksi sakit tentu penyidik tidak bisa paksakan pemeriksaan,” kilahnya.

Ketua KPK Firli Bahuri pun sebelumnya mengatakan, pihaknya tidak memerlukan pertanyaan banyak untuk memeriksa Lukas yang sempat melawan untuk tidak mau diperiksa di Jakarta.

“Ketika kita meminta keterangan kepada seseorang, bukan jumlah pertanyaan yang diutamakan. Jadi saya kira pemeriksaan tadi sudah cukup,” kata Firli.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru