Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dua Kapal dan Heli Basarnas Tiba di Bali Siagakan KTT G20

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam rangka siaga khusus KTT G20, Basarnas dikabarkan telah tiba di Bali pada Minggu, (6/11) waktu petang dengan peralatan utamanya yakni dua buah kapal dan helikopter.

Siaga khusus KTT G20 itu pun telah dikonfirmasi langsung oleh Marsekal Madya (Marsdya) TNI Henri Alfiandi selaku Kabasarnas.

“Seluruh peralatan SAR tersebut untuk mendukung KTT G20. Kita tdk pernah berharap ada musibah. Dengan Siaga SAR Khusus ini, kami berupaya memberikan keyakinan kepada seluruh delegasi negara yang hadir, bahwa kami telah siap menghadapi kondisi kedaruratan kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia selama kegiatan berlangsung,” ungkap Henri pada Minggu (6/11), sebagaimana rilis yang diterima Holopis.com, Senin (7/11).

Sebagai informasi, dua helikopter yang diluncurkan Basarnas tersebut yakni Helikopter Bolcow BO-105 HR-1521 dan Helikopter AS 365 N3+ Dauphin HR-3604.

Helikopter Basarnas
Helikopter Basarnas di Bali. [Foto : Ist]
Bolcow BO-105 HR-1521 dengan lima orang crew ini dilaporkan telah landing di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, dimana heli SAR ini bergerak dari Skuadron 400 Lanudal Bandara Juanda, Surabaya dan akan ditempatkan di Garuda Wisnu Kencana (GWK), yang merupakan akses terdekat dengan Nusa Dua, yang merupakan diselenggarakannya KTT G20.

Kemudian Helikopter AS 365 N3+ Dauphin HR-3604 dengan enam orang crew take off dari Base Ops Lanudal Juanda (Lanud Muljono Bandara Juanda Surabaya).

Sementara itu dari sisi kekuatan laut, dua unit kapal Basarnas dikabarkan juga telah berlabuh di Pelabuhan Benoa, yakni KN SAR Arjuna 229 dan KN SAR Wisnu. Diketahui, Kedua kapal tersebut dilengkapi berbagai peralatan SAR baik untuk permukaan maupun di dalam air. Selain itu, dilengkapi juga dengan hellypad untuk pendaratan helikopter.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru