Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizRupiah Diproyeksi Tembus Rp16.000 Akhir Tahun Ini

Rupiah Diproyeksi Tembus Rp16.000 Akhir Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ekonom yang sekaligus Direktur Eksekutif Celios, Bhima Yudhistira memproyeksi nilai tukar atau kurs rupiah terus melemah hingga tembus Rp16.000 per dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir tahun 2022 ini.

Proyeksi ini salah satunya didasarkan oleh langkah Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) yang masih akan agresif dalam menaikkan suku bunga acuan serta melemahnya permintaan komoditas.

“Kondisi ini terus memicu tekanan kurs ke negara berkembang,” kata Bhima dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (6/11).

Tak hanya kurs mata uang Garuda, Bhima juga melihat adanya pelemahan pada perekonomian Indonesia karena sejumlah hal. Salah satunya yakni adanya tahun politik pada tahun 2023 hingga 2024 mendatang.

“Moderasi harga komoditas dan resesi global juga akan lebih slow down. Bisa tumbuh 4,5 persen saja sudah bagus,” tukasnya.

Bhma pun menyoroti minimnya kebijkaan fiskal yang diinisiasi. Ia mengatakan bahwa menstabilkan rupiah tidak bisa hanya mengandalkan kebijakan menaikkan bunga acuan. Menurutnya, pengetatan moneter haruslah dibarengi dengan kebijakan fiskal yang sesuai.

“Sekarang bunga acuan agresif, tapi sisi fiskalnya juga belum ada paket kebijakan. Pemerintah kan sering bilang ada resesi global, tapi kebijakannya tidak nyambung, seolah Indonesia paling kuat sendirian,” ucapnya.

Menurut Bhima, hingga saat ini pemerintah belum mengeluarkan paket kebijakan antiresesi, sementara pertahanan kurs mulai rapuh. Nilai tukar Rupiah selama semester I ditopang harga komoditas.

“Sekarang tanda-tanda kerapuhan terlihat dari Baltic Dry Index (indeks pengiriman kargo kapal) yang anjlok 53,4 persen secara tahunan dan 30,8 persen secara bulanan. Nggak mungkin harga komoditas terus naik, kalau aktivitas kargo yang mencerminkan permintaan global turun,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).