Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Covid-19 InaVac

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin edar vaksin Covid-19 InaVac, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan vaksin merah putih.

Kepala BPOM, Penny K Lukito menegaskan, bahwa vaksin tersebut merupakan vaksin produksi Indonesia pertama yang mendapat izin penggunaan untuk masyarakat dengan usia 18 tahun ke atas.

“Alhamdulillah pada hari ini BPOM mengumumkan kembali informasi kepada masyarakat adanya EUA dari vaksin Covid-19 produksi dalam negeri, dengan nama InaVac,” ujar Penny dalam Konferensi Pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (4/11).

Penny menyatakan, berdasarkan hasil uji klinik, vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga (Unair) itu dapat digunakan sebagai vaksin Covid-19 untuk dosis primer, dengan interval waktu penggunaan 28 hari.

Adapun untuk efek samping dari vaksin InaVac, kata dia, sama persis dengan efek samping yang ditimbulkan vaksin CoronaVac.

Vaksin Inavac, kata dia, menimbulkan efek samping yang persis dengan vaksin CoronaVac.

“Efek samping dari vaksin InaVac dilaporkan paling sering terjadi berupa nyeri lokal, demam, nyeri otot, sakit kepala, kemudian tidak ada kematian,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru