HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah akan memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 2 pekan ke depan.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Mohammad Syahril usai menghadiri rapat terbatas terkait penerapan PPKM.

“Tadi saya mengikuti pertemuan, (PPKM) tetap diperpanjang sampai dua minggu ke depan,” kata Syahril dalam konferensi pers virtual yang dikutip Holopis.com, Jumat (4/11).

Syahril menjelaskan, bahwa perpanjangan PPKM ini dilakukan, mengingat kasus positif Covid-19 harian yang mengalami tren peningkatan dalam sepekan terkahir ini.

Selain PPKM, Syahril mengatakan, pemerintah juga akan memperketat pintu masuk dari luar negeri, serta meningkatkan capaian vaksinasi, khususnya vaksinasi dosis ketiga alias booster.

Lebih lanjut, Syahril mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menjalan protokol kesehatan (prokes), terlebih saat ini, muncul varian baru Covid-19, salah satunya varian baru dari mutasi varian Omicron, yakni subvarian XBB.

“Sekarang sudah kendur-kendur, (prokes) kembali diperkuat lagi. Hati-hati loh, sekarang ada subvarian,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara nasional pada hari ini, Jumat (4/11), bertambah sebanyak 5.303 kasus.