HOLOPIS.COM, MOJOKERTO – Presiden Jokowi mengklaim bahwa negara Indonesia dalam lima tahun mendatang akan mampu melaksanakan swasembada gula.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri peresmian program ‘Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi’ di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

“Kalau kita betul-betul bisa menyiapkan 700 ribu hektare, kita akan mandiri, kita akan swasembada gula dalam lima tahun ke depan,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (4/11).

Jokowi mengungkapkan, dari target tersebut, saat ini baru terpenuhi sekitar 180 ribu hektar lahan untuk penanaman tebu. Jokowi kemudian menjanjikan akan segera memenuhi target lahan tersebut.

Lahan tersebut dipastikan Jokowi juga akan tersebar merata di seluruh Indonesia sehingga memperbanyak komoditas gula di dalam negeri.

“Iya, tersebar. Nanti kita akan lari ke luar Jawa, karena kalau lahan 700 ribu hektare juga bukan lahan yang kecil. Tapi ini akan dengan sekuat tenaga akan saya akan siapkan,” tukasnya.