Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

4 Tips Jaga Kesehatan Jantung, Salah Satunya Berhenti Merokok

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penyakit jantung merupakan kondisi dimana jantung tidak berfungsi secara baik atau normal. Secara umum, istilah penyakit jantung sering dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Kondisi tersebut, mengacu pada syarat yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah, hal itu sering berakibat pada menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke.

Pentingnya Sobat Holopis untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai macam penyakit jantung serta menghindari faktor penyebabnya.

Penyakit jantung perlu adanya pemeriksaan dan penanganan khusus guna mengantisipasi terjadinya sesuatu yang membahayakan. Karena secara data, penyakit jantung kerap kali menyebabkan kondisi kesehatan semakin buruk bahkan dapat berakibat kematian.

Dikutip Holopis.com dari situs Halodoc, Jumat (4/11), penyakit jantung sering disebabkan oleh berbagai faktor yakni kebiasaan merokok, kadar kolesterol yang tinggi, pola hidup tidak terjaga, hipertensi atau tekanan darah tinggi meningkat, kelebihan berat badan, adanya riwayat penyakit diabetes serta faktor usia dan jenis kelamin.

Berikut tips menjaga kesehatan jantung

Melakukan Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Tips pertama adalah berolahraga secara rutin dan teratur, hal ini dikarenakan membuat seluruh anggota tubuh Sobat Holopis bergerak, dengan menjalankan beberapa jenis olahraga seperti senam ataupun jalan kaki. Bahkan berolahraga secara rutin juga efektif untuk menjaga berat badan yang tentunya berefek pada kesehatan jantung.

Mulai Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung, karena dengan merokok menyebabkan kerusakan pada arteri paru-paru yang akan berimbas pada kurangnya suplai udara segar yang mengandung oksigen untuk disebarkan keseluruh tubuh, dan tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

Istirahat yang Cukup

Menurut hasil penelitian ilmiah, tidur manusia yang baik selama delapan jam secara penuh dalam satu hari. Ternyata, kekurangan tidur pada malam hari akan mengakibatkan kerusakan jantung. Akan jauh lebih baik, jika Sobat Holopis mulai mengatur jam istirahat dengan mengutamakan tidur delapan jam agar dapat mencegah kerusakan jantung. Selain itu, beristirahat untuk merileksasikan tubuh juga penting agar jantung tetap sehat.

Mengatur Pola Makan

Prinsip konsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung yakni dengan banyak memakan buah dan sayuran karena banyak mengandung antioksidan dan sumber serat. Pilihlah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi. Sayuran ini terkenal dengan kekayaan vitamin, mineral, sumber vitamin K, dan antioksidan yang baik untuk jantung. Buah yang direkomendasikan untuk membantu menjaga kesehatan jantung adalah tomat, stroberi, blueberry, atau raspberry, jeruk, melon dan pepaya.

Selain itu, ikan-ikan seperti salmon, makarel, kembung, harring, trout, sarden dan tuna. Konsumsi lemak sehat yang baik dikonsumsi dalam jumlah sedang, agar mampu menurunkan kolesterol dan melindungi dari serangan jantung dan stroke, diantaranya minyak zaitun, minyak canola, alpukat, Margarin penurun kolesterol, Produk susu bebas lemak atau rendah lemak yang terkandung dalam yogurt, krim asam, dan keju. Bisa juga mengkonsumsi biji-bijian, coklat hitam, bawang putih dan teh hijau.

Itulah 4 tips menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai penyakit jantung yang membahayakan bagi kesehatan Sobat Holopis, mulai atur pola hidup sehat dengan berolahraga, berhenti merokok, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru