HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini tepat tanggal 1 November diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia, yaitu hari dimana masyarakat didorong untuk hidup lebih sederhana dan tidak melukai hewan untuk makanan serta pakaian.

Dikutip Holopis.com dari laman vegan-day.org, Selasa (1/11), saat ini sudah banyak hotel dan restoran yang menyediakan menu vegan.

Sejarah Singkat Hari Vegan Sedunia atau World Vegan Day

World Vegan Day pertama kali dibentuk di Inggris pada tahun 1994. Saat itu, aktivis hak-hak hewan vegan, Louise Wallis sedang mencari hari yang cocok untuk merayakan anniversary ke-50 Vegan Society (masyarakat vegan).

Saat itu, tujuan Louise bukan hanya untuk menekankan keberadaan asosiasi vegan yang berkelanjutan, melainkan untuk menarik perhatian bahwa kata vegan telah ditemukan Bahasa Inggris.

Santapan vegan
Santapan vegan. [Foto: Istimewa]
Hari Vegan Sedunia pun telah memberikan kesempatan yang baik untuk para vegan di seluruh dunia untuk merayakan dan mempromosikan veganisme serta aspek positif di dalamnya.

Tujuan Diselenggerakannya Hari Vegan Sedunia

Hari Vegan Sedunia bukan hanya mengenai bertukar pikiran dengan mereka yang berpikiran sama serta saling menghormati.

Hari ini juga bisa dirayakan dengan sekedar menyajikan masakan vegan tanpa daging yang lezat kepada keluarga atau kerabat kerja.