Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

4 Manfaat Buah Markisa, Mampu Cegah Resiko Kanker

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah markisa yang sering dijumpai dalam bentuk buah utuh, ekstrak maupun sirop, ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan, memiliki hampir 400 lebih jenis yang mana dari jumlah tersebut sekurang-kurangnya 50 diantaranya dapat dikonsumsi.

Diantara jenis tersebut yang banyak dibudidayakan secara komersial dan dikenal luas di Indonesia adalah markisa ungu atau Passiflora edulis f. edulis Sims dan markisa kuning atau Passiflora edulis f. flavicarpa degner.

Dikutip Holopis.com dari situs halodoc, Senin (31/10), bahwa buah markisa memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin A, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, serat, vitamin B6 yang tentu saja membuat manfaat buah markisa cukup banyak untuk tubuh.

Selain itu, buah markisa juga kaya akan antioksidan, sehingga memberikan perlindungan alami bagi tubuh. Bahkan buah markisa mampu meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf, serta dapat mengurangi stres dan peradangan pada tubuh.

Buah Markisa Kuning dan Ungu
Buah Markisa Kuning dan Ungu. [Gambar: Istimewa]
Berikut manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh

Mampu Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat buah markisa yang pertama adalah mampu mengurangi resiko kanker, karena buah tersebut kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas pemicu kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu, buah tersebut juga mengandung vitamin A dan flavonoid yang membantu mencegah pembentukan kanker. bahkan buah markisa memiliki senyawa chrysin yang memiliki aktivitas antikanker.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah markisa selanjutnya yakni mampu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Asupan serat pada buah markisa dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah, sehingga mencegah pengendapan di arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan jantung.

Mampu Mengatur Kadar Gula Darah

Buah markisa memiliki indeks glikemik rendah, serta kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ternyata buah markisa biasa direkomendasikan menjadi pilihan pertama di antara buah-buahan lain untuk diet diabetes.

Selain itu, manfaat dari buah markisa ini didukung oleh berbagai studi yang menyatakan bahwa ekstrak buah markisa dapat meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengendalikan gula darah dan mencegah diabetes.

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol di dalam buah markisa dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga Sobat Holopis tidak mudah terserang penyakit, khususnya penyakit infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah itulah 4 manfaat buah markisa yang bisa cegah berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh dan mampu meningkatkan kesehatan serta kekebalan tubuh. Yuk Sobat Holopis, mulai sekarang rutinin mengkonsumsi buah markisa secara rutin agar mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru