HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ratusan orang dilaporkan tewas dan luka-luka saat puncak pesta perayaan malam Halloween di wilayah Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/10) malam waktu setempat.

Dikutip Holopis.com dari situs AFP, peristiwa ini terjadi karena para korban yang hadir dalam perayaan Holloween, berdesak-desakan hingga terinjak-injak dalam kerumunan di dekat Hotel Hamilton, Itaewon.

Layanan darurat Korea Selatan menerima lebih dari 80’an sambungan telepon dari orang-orang yang berada di sekitar wilayah Itaewon yang melaporkan bahwa mengalami sulit bernafas hingga pingsan (henti jantung).

Seluruh petugas yang berada di lokasi kejadian, telah memberikan upayah penanganan CPR Cardiopulmonary Resuscitation atau Resusitasi Jantung Paru (RJP) sebagai pertolongan pertama bagi para korban.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk memberikan pertolongan pertama kepada para korban. Ia juga meminta kepada para petugas untuk sigap merawat dan menangani korban baik luka ringan hingga berat.

Yoon Suk-yeol juga, memerintahkan seluruh rumah sakit di sekitar lokasi untuk siagakan tempat tidur darurat bagi para korban untuk mengantisipasi jika ada lonjakan korban tambahan.

Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck Soo juga, memberikan arahan khusus bagi para pejabat untuk menjalankan upaya maksimal demi meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat insiden Halloween di Itaewon.

Sementara itu, dikabarkan bahwa Wali Kota Seoul Oh Se Hoon yang sedang berada di Eropa langsung memutuskan bergegas kembali Korea usai mendengar berita naas tersebut.