Reshuffle

Selain itu, Habib Syakur juga menyinggung lagi tentang reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Pasalnya, menjelang 2024 yang nantinya semua tokoh berpikir ke urusan politik, maka langkah dalam waktu dekat bagi Presiden Joko Widodo adalah melakukan reshuffle menteri.

Menteri yang dianggap memiliki peluang untung diganti adalah Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

“Sebagai orang yang mendukung pemerintah yang sah, tentu kita tidak mau Pak Jokowi nanti melepaskan amanah sebagai Presiden meninggalkan legasi yang buruk. Kita maunya husnul khotimah, makanya rombak semua menteri yang tidak punya performa kerja dan membangun,” saran Habib Syakur.

“Yang performanya politis apalagi abuse of power, ganti, atau Presiden Jokowi akan repot nanti di akhir masa jabatan,” pungkasnya.

Harga Bapok Terlalu Murah

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa harga beberapa komoditas bahan kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Besar Kota Malang , terbilang murah. Di antaranya seperti daging ayam, telur, bawang merah dan cabai berada dalam kisaran harga yang rendah.

“Untuk di sini, harga daging ayam itu Rp 32 ribu per kilogram, itu menurut saya terlalu murah,” kata Mendag Zulkifli saat turun langsung ke pasar, pada Jumat (28/10).

Menurutnya, harga untuk daging ayam yang ideal tersebut berada pada kisaran Rp35 ribu per kilogram.

Data ini diterangkan oleh Zulkifli berdasarkan modal untuk satu ekor ayam potong pada kisaran Rp24 ribu. Alhasil, dengan harga di tingkat pasar sebesar Rp32 ribu, dikhawatirkan akan menyebabkan peternak ayam merugi.

Selain daging ayam, harga telur ayam di Kota Malang yang sebesar Rp26 ribu per kilogram, juga dinilai masih rendah.

“Untuk harga daging ayam yang wajar itu Rp35 ribu per kilogram. Kalau Rp32 ribu, peternak ayamnya itu akan rugi. Sementara untuk telur Rp26 ribu per kilogram, seharusnya kisaran Rp27 ribu – Rp28 ribu, tapi masih tidak apa-apa pada kisaran Rp26 ribu,” ungkapnya.