HOLOPIS.COM, JAKARTA – Amerika Serikat menyumbangkan 40,8 juta dosis ke Indonesia. Pada minggu ini, telah tiba vaksin Pfizer COVID-19 di Indonesia sebanyak lebih dari lima juta dosis. Selain Indonesia, Amerika Serikat juga telah menyumbangkan lebih dari 620 juta vaksin ke 120 lebih negara di dunia.

Hal ini menjadi salah satu bukti dari janji Presiden AS, Joe Biden untuk menyumbang 1,2 miliar dosis vaksin ke seluruh dunia.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y. Kim. pun membahas perihal pengiriman vaksin dan komitmen negara.

“Pengiriman baru dosis vaksin dan booster yang lebih tinggi. Amerika Serikat terus berkomitmen pada kemitraan strategis kami dengan Indonesia untuk mencapai tujuan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan,” ujar Duta Besar Sung Y. Kim yang dikutip Holopis.com dari situs id.usembassy, Jum’at (28/10).

Selain itu, Duta Besar Sung Y. Kim juga menyampaikan selamat terhadap progress perlakuan vaksinasi penduduk di Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat kepada pemerintah Indonesia yang telah berhasil melakukan vaksinasi penuh kepada 73 persen penduduknya denan vaksin COVID-19”, ujarnya.

Sebagai informasi, pada dua dekade terakhr, Pemerintah AS telah sediakan lebih dari 77 juta dolar AS sebagai dukungan pada masa COVID-19, dan tambahan 1 miliar lebih dolar AS untuk membantu bidang kesehatan. Dukungan kepada Indonesia yang dilakukan AS telah mencapai lebih dari 260 juta jumlah orang di Indonesia atau 94% jumlah penduduk negara.