HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Amiruddin menyoroti tingginya kasus dan kematian akibat gagal ginjal akut pada anak yang terjadi di Indonesia.

Sebagai upaya penanganan, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengintruksikan seluruh rumah sakit (RS) di Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien gagal ginjal akut yang sedang dirawat.

“Ini peristiwa dunia kesehatan yang memprihatinkan. Presiden perlu memerintahkan seluruh RS agar memberikan perawatan terbaik, dan biaya ditanggung oleh pemerintah,” kata Amir kepada Holopis.com, Kamis (27/10).

Selain itu, Amir juga mendesak pihak kepolisian untuk segera melakukan pemeriksaan terhadap pejabat-pejabat di kementerian/lembaga yang membidangi masalah ini, yakni Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Polisi perlu melakukan pemeriksaan kepada pejabat-pejabat Kemenkes yang membidangi. Perlu memeriksa Pimpinan BPOM untuk mendalami ada atau tidaknya dugaan tindak pidana berupa kelalaian,” tuturnya.

Sejauh ini, Jumlah kasus gagal ginjal akut per Rabu (26/10) tercatat sebanyak 269 kasus yang tersebar di 27 provinsi. Adapun persentase tingkat kematian yang mayoritas dialami oleh pasien usia anak terbilang cukup tinggi, yakni di angka 58 persen.