HOLOPIS.COM, JAKARTA – Raja Charles III telah resmi menunjuk Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris, menggantikan Liz Truss yang mengundurkan beberapa waktu lalu.

Rishi Sunak diketahui ditunjuk untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif pada hari Senin, (24/10).

Raja Charles III meminta Rishi Sunak sebagai perdana menteri baru untuk membentuk pemerintahan secara resmi pada hari Selasa, (25/10).

Penunjukan perdana menteri kali ini juga menjadi sangat bersejarah. Pasalnya, Rishi Sunak merupakan orang campuran Asia-Inggris pertama yang mengambil posisi Perdana Menteri Inggris, dan merupakan PM termuda, yakni 42 tahun dalam 200 tahun sejarah Inggris.

Dalam pidatonya setelah resmi menjadi PM Inggris, Sunak menyinggung tentang adanya kesalahan yang terjadi selama 45 hari kepemimpinan Liz Truss, ia pun menyampaikan bahwa akan menyatukan negaranya dengan tindakan.

“Saya akan menyatukan negara kita, bukan dengan kata-kata tetapi dengan tindakan,” ujar Rishi Sunak, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs US Magazine pada Rabu, (26/10).

Sebelumnya diketahui, Liz Truss diangkat menjadi Perdana Menteri Inggris ke-15 pada masa kerajaan Ratu Elizabeth II. Setelah 7 minggu waktu menjabat, Liz Truss mengundurkan diri di tengah krisisnya keuangan di Inggris, ia pun menjadi PM dengan masa jabatan terpendek sepanjang sejarah Inggris.