HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis tentu sudah tahu, menstruasi merupakan siklus yang normal terjadi pada wanita yang memasuki masa pubertas hingga menopause. Namun, kehidupan manusia selalu lekat dengan kepercayaan yang sudah eksis sejak zaman dulu oleh budaya, salah satunya yaitu bentuk mitos yang disebar secara lisan.

Dalam hal menstruasi, ada pula mitos yang menyebar dan bahkan masih dipercaya oleh sebagian orang di masa sekarang. Mitos itu misalnya larangan keramas saat menstruasi, larangan berenang, dan sebagainya.

Di era yang sudah maju ini, tentu sobat Holopis tidak bisa bergantung pada mitos yang tidak didasari fakta penelitian. Nah, kamu perlu ketahui beberapa mitos berikut seputar menstruasi.

1. Larangan Keramas
Ada yang bilang, bahwa keramas saat menstruasi akan menyebabkan sakit kepala dan sebagainya. Akibatnya, sebagian wanita pun memercayainya dan memilih untuk membiarkan rambut tidak dibersihkan hingga siklus menstruasinya selesai.

Seperti yang dikutip Holopis.com dari situs Halodoc pada Rabu (26/10), Sakit kepala memang bisa dialami wanita yang sedang menstruasi dan tidak disebabkan oleh keramas. Hal tersebut terjadi karena sindrom premenstrual. Justru, sobat Holopis perlu rajin keramas untuk menjaga kebersihan kulit kepala.

2. Larangan Minuman Dingin

Sampai sekarang masih banyak yang percaya dengan mitos ini. Ada yang mengatakan bahwa minuman dingin akan membekukan darah haid.

Padahal, makanan dan minuman hubungannya dengan sistem pencernaan, bukan sistem reproduksi wanita. Maka, tak ada hubungannya siklus menstruasimu dengan minuman dingin.

3. Larangan Berhubungan Intim
Biasanya, pasangan menunda berhubungan intim karena kondisi wanita yang sedang menstruasi. Dipercaya, bahwa berhubungan tidak baik untuk kesehatan wanita. Padahal, beberapa ahli mengatakan bahwa berhubungan intim ketika menstruasi justru bisa meredakan rasa kram di perut pada wanita.

Ketika sobat Holopis mencapai orgasme, otot-otot rahim berkontraksi dan pelepasan sehingga kram perutmu membaik. Tak hanya itu, darah haid dapat berfungsi sebagai pelumas alami.

4. Larangan Berenang

Katanya, berenang ketika menstruasi akan membuat air kolam menjadi tercemar oleh darah. Bahkan bisa menghentikan siklus menstruasi hingga mandul.

Padahal, tekanan air dalam kolam justru menghambat darah menstruasimu keluar. Tak hanya itu, dengan berenang justru akan menyehatkan reproduksi wanita sebagai bentuk olahraga.

5. Soda Mempercepat Menstruasi
Sebuah penelitian membantah pernyataan ini. Telah dibuktikan, bahwa minuman bersoda tidak ada hubungannya dengan kelancaran menstruasi. Penghambat kelancaran menstruasi yaitu hormon yang bertugas mengatur siklus menstruasi tidak seimbang, perubahan berat badan, dan stres.

Maka, untuk mempercepat menstruasi, kamu perlu olahraga, konsumsi makanan sehat dan air putih yang cukup.